Camu-camu merupakan keluarga besar beri dan tumbuh di daerah Amazon (tepatnya dibudidayakan di tanah subur daerah Brasil, Venezuela dan Peru). Karena kandungan terkandung di dalam camu-camu cukup baik, belakangan ini camu-camu dilirik oleh industri kecantikan dan diolah sebagai bahan produk skincare.

Buah camu-camu memiliki kandungan Vitamin C 60x lebih banyak dari buah jeruk. Yang berarti camu-camu memiliki 1180 persen dari asupan harian yang direkomendasikan dari vitamin C.

Selain dilengkapi oleh vitamin B3 dan vitamin C, camu-camu pun mengandung nutrisi baik bagi kulit dan tubuh. Di antaranya   zat besi, serine, fosfor, riboflavin, kalium, beta-karoten, kalsium, dan asam amino yang semuanya diperlukan oleh kulit agar tetap terjaga kesehatannya. Ada pula kandungan camu-camu yang baik, di antaranya:

Valine

Valine adalah asam amino tinggi yang terkandung di dalam camu-camu. Valine merupakan asam amino esensial yang hanya didapatkan dari makanan. Karena tubuh tidak mampu memproduksinya sendiri. Valine digunakan untuk mencegah kerusakan kulit dan cukup penting dalam perkembangan sistem saraf hingga fungsi kognitif.

Kalium

Tubuh membutuhkan kalium untuk dapat membantu fungsi kerja jantung dan ginjal. Dan mengonsumsi camu-camu ini menjadi salah satu cara mendapatkan kalium.

Serine

Serine melancarkan pencernaan karena serine dapat membantu memecah ikatan dalam protein dan polipeptida sehingga dapat digunakan oleh tubuh untuk melakukan proses pencernaan. Semakin baik pencernaan, semakin baik pula regenerasi sel kulit.

Flavonoid

Flavonoid adalah senyawa yang ditemukan pada tumbuhan dan merupakan bagian pemberi warna pada buah dan sayuran yang berfungsi  sebagai antioksidan hingga menetralkan radikal bebas berbahaya.

Asam Ellagic

Selain flavonoid, asam ellagic juga memiliki kandungan antioksidan dan dapat ditemukan dalam buah camu-camu. Dari penelitian, asam ellagic telah terbukti memiliki efek penangkal kanker.